Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone

/
0 Comments

Bagi para pengguna smartphone yang menggunakan paket data terbatas, maka tips ini perlu disimak. Ada beberapa hal agar kuota internet terjaga selama menggunakan smartphone apa saja yang perlu diperhatikan, langsung saja ikuti tahapan ini:

1.      Gunakan aplikasi pengecekan kuota

Di semua platform mobile sudah banyak aplikasi untuk mengecek kuota yang telah digunakan. Dengan aplikassi ini, kita menjadi terpandu untuk menyesuaikan gaya berinternet kita dengan kuota yang ada. Sebagai contoh di Android bias memakai Onavo, Quota, myUsage Lite, Data Usage, semua bias dicari di Google Play. Untuk platform iOS bias menggunakan Onavo, Data Usage Monitor, semua bias dicari di iTunes Store. Di BlackBerrry bias menggunakan Data Usage Monitir, Usage Monitor, Data Monitor for BlackBerry 10, langsung saja cari di BlackBerry App World.

2.      Gunakan koneksi over WiFi

Tidak ada salahnya berburu wifi gratis yang banyak bertebaran di mall, tempat umum, dan kantor-kantor. Dan pastikan WiFi tersebut terkoneksi ke Internet. Kalau tidak terhubung  malah batt smartphone yang tersedot hebat. Dengan akses WiFi, kuota Internet smartphone anda dapat dihemat.

3.      Matikan fitur Sinkronisasi otomatis

Matikan fitur Sinkronisasi otomatis yang banyak terdapat di beberapa aplikasi mobile. Sebagai contoh, google mail mempunyai fitur sinkronisasi otomatis. Tidak ada salahnya sinkronisasinya dimatikan dan google mail baru tersinkronisasi jika pengguna smartphone mengakses smartphonenya.

4.      Hindari Streaming

Segala macam streming audio (radio, 8tracks, soundcloud) dan video (youtube) sebaiknya dihindari ketika dalam mode koneksi Internetnya menggunakan koneksi ke operator. Streaming adalah aktivitas yang menyedot kuota internet dengan cepat. Kalau ingin streaming sebaiknya terkoneksi dengan internet via WiFi.

5.      Kurangi penggunaan striker/emoticon

Sekarang sedang ngetren stiker lucu di aplikasi chatting seperti Line, WeChat, KakaoTalk dan juga beberapa social media seperti Path. Memang menggunakan stiker bisa menambah fun dalam berinteraksi dengan teman atau kerabat, namun penggunaan stiker dan emoticon tersebut juga cukup menyedot kuota internet dalam paket data. Sebaiknya, kalau tidak terlalu penting tidak perlu menggunakan stiker.


You may also like

Social Icons